Rabu, 08 September 2010

Dari Lendir hingga Racun Khusus

BINATANG-binatang di bawah ini cenderung menggelikan, atau bahkan menjijikkan bagi sebagian orang. Tapi, beberapa di bawah ini memiliki fungsi yang maksimal dan krusial dalam dunia kesehatan. Inilah profil dan manfaat yang bisa didapat.
---
Undur-Undur
Bentuknya lebih kecil dari lebah dan besar daripada kutu. Ia hidup di debu kering dekat rumah. Binatang ini berfungsi sebagai antidiabetes karena mengandung sulfonilurea. Zat itu melancarkan pankreas memproduksi insulin. Ketika insulin menurun, sementara kadar glukosa darah meningkat, akan terjadi ketidakseimbangan.

Katak
Binatang menggelikan satu ini dipakai untuk memproduksi antibiotik. Yang dipakai adalah bagian lendirnya. Salah satu yang menjadi bukti adalah luka pada perut katak akan mudah sembuh dengan sendirinya meskipun diletakkan pada bejana penuh dengan bakteri.

Belatung
Penelitian Clinical Infectious Diseases menemukan fakta bahwa belatung berguna mengobati luka dalam. Teknik bernama maggot debridement therapy. Belatung yang dipakai jenis steril bernama Phaenica sericata. Belatung itu akan memakan jaringan mati dan membiarkan jaringan yang hidup tetap utuh.

Lintah
Lintah dapat menjadi media terapi yang efektif bagi penderita diabetes. Pada saat menggigit, lintah akan mengeluarkan bermacam zat. Salah satu zat tersebut adalah hirudin yang mempunyai fungsi antikoagulan dan melancarkan aliran darah. Pada pasien diabetes dengan kekentalan darah tinggi, zat itu membantu mencegah pembekuan darah.

Cacing Tambang
Penelitian Profesor David Pritchard menemukan fakta bahwa cacing tambang dalam tubuh kita dapat menekan tingkat alergi. Caranya adalah mengurangi sistem kekebalan tubuh. Saat ini, Profesor David bersama timnya sedang mengkaji zat-zat antialergi yang terdapat pada cacing tambang.

Cone Snail

Cone snail adalah sejenis kerang yang hidup di laut. Apabila terkena racunnya, dalam waktu empat menit saja kamu bisa meluncur ke alam baka. Racun cone snail itu menyerang sistem saraf sehingga tubuh beku seketika. Namun, dengan dosis tepat, racun cone snail dapat digunakan untuk obat bius bernama Prialt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar